Pendidikan Karakter di SD
Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
A. KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER
Merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari
kebijakan nasional pembangunan karakter bangsa yang diamanatkan oleh presiden
RI. Kebijakan nasional pendidikan karakter dilakukan dalam rangka mewujudkan
tujuan pendidikan nasional
Dalam hal
ini ada dua fase yaitu :
Pada fase
awal
Pendidikan
karakter difokuskan pada pembentukan, pembinaan, dan pengembangan nilai jujur,
cerdas, tangguh, dan peduli
Pada fase ke
dua
Dapat
dikembangkan berbagai nilai antara lain bertanggung jawab, kreatif, disiplin,
suka menolong.
Pendidikan
karakter meliputi dan berlangsung pada :
A.
Pendidikan formal
B.
Pendidikan nonformal
C.
Pendidikan informal
PEDOMAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER
BAB 1
Pentingnya
Pendidikan Karakter
- Hakikat pendidikan karakter
Pembangunan karakter yang merupakan upaya perwujudan
amanat pancasila dan pembukaan UUD 1945 dilatarbelakangi oleh
realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini. Dalam hal ini pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional dan semangat itu ditegaskan dalam RPJPN.
realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini. Dalam hal ini pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional dan semangat itu ditegaskan dalam RPJPN.
B.
Tujuan,
Fungsi dan Media Pendidikan Karakter
Tujuan :
membentuk bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong
royong dan semuanya dijiwai oleh iman serta taqwa kepada TYME.
Fungsi
: mengembangkan potensi dasar agar berhati baik, berpikir baik dan berprilaku
baik.
Media pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai media yang mencakup keluarga, satuan pendidikan, pemerintah dan media masa.
Media pendidikan karakter dilakukan melalui berbagai media yang mencakup keluarga, satuan pendidikan, pemerintah dan media masa.
C.
Nilai –
nilai Pembentukan Karakter
Terdapat 18
nilai – nilai yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, dan tujuan
pendidikan nasional sebagai berikut :
1)
Religious
2)
Jujur
3)
Toleransi
4)
Disiplin
5)
Kerja keras
6)
Kreatif
7)
Mandiri
8)
Demokratis
9)
Rasa ingin tahu
10) Semangat
kebangsaan
11) Cinta tanah
air
12) Menghargai
prestasi
13) Komunikatif
14) Cinta damai
15) Gemar membaca
16) Peduli
lingkungan
17) Peduli
sosial
18) Tanggung
jawab
RUANG
LINGKUP PENDIDIKAN KARAKTER
ü Olah pikir
ü Olah raga
ü Olah hati
ü Olah rasa
ü Olah rasa
BAB 2
STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER
STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER
A. Strategi
ditingkat Kementrian Pendidikan Nasional
Pendekatan
yang digunakan adalah :
- Stream Top Down
- Stream Bottom Up
- Stream Revitalisasi Program
B.Strategi ditingkat Daerah
Penyusunan perangkat kebijakan ditingkat kabupaten atau kota
Penyiapan dan penyebaran bahan pendidikan karakter yang diprioritaskan
ada 2 yaitu ?
Penyusunan perangkat kebijakan ditingkat kabupaten atau kota
Penyiapan dan penyebaran bahan pendidikan karakter yang diprioritaskan
ada 2 yaitu ?
1.
Memberikan dukungan kepada tim pengembang kurikulum tingkat kabupaten atau kota
melalui dinas pendidikan.
2. Dukungan sarana, prasarana, dan pembiayaan
2. Dukungan sarana, prasarana, dan pembiayaan
C.
Strategi ditingkat Satuan Pendidikan
- Kegiatan pembelajaran
- Pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar
- Kegiatan ko-kurikuler dan atau kegiatan ekstrakulikuler
- Kegiatan keseharian dirumah dan dimasyarakat
D.
Pendekatan alokasi waktu pembelajaran
1.
Sebelum pembelajaran dimulai siswa
diminta membaca surat – surat pendek dari kitab suci, melakukan refleksi / masa
hening
2.
Dihari – hari tertentu sebelum
pembelajaran dimulai dilakikan kegiatan muhadarah selama 35 menit
3. Pelaksanaan
ibadah bersama-sama disiang hari selama antara 30-60 menit
E.
Penilaian Keberhasilan
1. Menetapkan indikator dari nilai-nilai yang ditetapkan atau disepakati
2. menyusun berbagai instrumen penilaian
3. melakukan analisis dan evaluasi
1. Menetapkan indikator dari nilai-nilai yang ditetapkan atau disepakati
2. menyusun berbagai instrumen penilaian
3. melakukan analisis dan evaluasi
PROSEDUR ATAU LANGKAH – LANGKAH PENGEMBANGAN
KURIKULUM
a)
Sosialisasi
b)
Magang disekolah best practice
c)
Pengembangan kurikulum yang
mengandung nilai-nilai pendidikan karakter
d)
Menyusun rencana aksi sekolah
e)
Workshop penyusunan dokumen satu dan
dokumen dua
PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER
a.
Mengintergrasikan kesetiap mata
pelajaran , bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai pendidikan
karakter disetiap MP sehingga manyadari akan pentingnya nilai-nilai tersebut.
b.
Mengintergrasikan kedalam MP muatan
lokal bertujuan untuk mengembangkan kompetensi yang ada.
c.
Melalui kegiatan pengembangan
diri dapat dilakukan dengan cara kegiatan ekstrakulikuler, pembiasaan dan
nasionalisme
d.
Pengkondisian dalam hal ini
diperlukan saran yan memadai
e.
Penilaian keberhasilan dapat dilihat
dari berbagai hal yang sekolah peroleh
No comments: